RESEP SATE TAICHAN nan KEKINIAN

20.17


FINALLY!!!! setelah berbulan-bulan kepengenan banget makan Sate Taichan yang mana saya gak tau Sate Taichan enak deket rumah saya ada dimana, soalnya setau saya yang enak-enak itu jauhh di Senayan dan Bekasi. (eh ini pure kepengenan doank loh yaa bukan ngidam2an!! PLEASE belom siap sayaahh!) dan setelah browsing sana sini aneka resepnya, akhirnya membulatkan tekad untuk mencoba salah satu resep yang di-share seorang teman di Grup per-wassap-an emak emak masa kini.

And... he're we go my First Homemade SATE TAICHANN!!

Bahan-bahan:
1 buah dada ayam fillet
20 cabe rawit merah (orange)
4 siung bawang putih
3 buah jeruk nipis
minyak ikan
minyak wijen
garam
gula
bawang merah goreng

Cara membuat:
1. Potong-potong dada ayam -/+ 2cm, lalu lumuri dengan 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan+tambahkan kecap ikan+minyak wijen+garam+dan perasan jeruk nipis, lalu aduk sampai rata sambil diremas-remas.
2. Simpan dalam wadah tertutup ayam yang sudah dibumbui tadi dan diamkan dalam kulkas bawah (bukan freezer) 1-2 jam.
3. Rebus tulang-tulang ayam sisa fillet tadi (karena aku menggunakan dada ayam utuh, jadi masih ada sisa tulangnya), masukkan juga 1 siung bawang putih dan 20  cabe rawit lalu rebus bersama tulang ayam sampai cabe terlihat layu.
4. Haluskan/blender kasar cabe dan bawang putih yang sudah direbus tadi, lalu tuang ke wadah beri garam+gula+bawang merah goreng+perasan jeruk nipis sambil ditambahkan sedikit demi sedikit air kaldu sisa rebusan tulang ayam, diaduk sampai dirasa cukup kekentalannya lalu koreksi rasa.
5. Tusukkan fillet daging ayam yang sudah dibumbui tadi pada tusuk sate sekitar 4-5 potong per tusuk (sesuikan dengan ukuran), lalu bakar sate ayam sampai berubah warna (sesuai selera setengah matang/kecoklatan agak gosong)
note: jika tidak punya bakaran sate, bisa menggunakan pan atau happycall seperti yang saya gunakan ini


Sate siap disajikan dengan siraman sambel khas Taichannya yang super pedas+asin+asam dan jangan lupa beri lagi perasan jeruk nipis diatas siraman sambal, NTABH...!!!!


TIPS:
-  makin lama proses marinated ayam didalam kulkas, bumbu akan lebih meresap sempurna dan rasa sate lebih enaakk, kalau yang saya bikin ini kemarin dimarinated selama -/+ 5 jam (dibuat pagi, dibakar menjelang sore)
- jangan buang tulang ayam sisa fillet daging, karena bisa dibuat kaldu untuk sambel Taichannya agar rasanya lebih gurih


Selamat mencoba,!

You Might Also Like

0 komentar

Like us

Your Comments