JADI PRINCESS SEHARI DI PERPUSTAKAAN ANAK READING IS FUN RUMAH KERINCI

05.29


Sudah lama saya dengar mengenai Rumah Kerinci ini, apalagi setelah browsing sana-sini dan stalking lewat acc IGnya (@thelearningcastle_readingisfun) makin gak sabar mau ajak Rania kesana. Akhirnya di hari Selasa kemarin, kami berkesempatan juga main kesana.

Dari luar tempat ini tampaklah seperti rumah-rumah biasa, hampir samar dengan tetangga kanan-kirinya karena tidak ada plang atau pertanda khusus yang berlabel 'Rumah Kerinci' atau 'Reading is Fun' yang menurut saya akan membingungkan bagi mereka yang belum pernah kesini. Yang membedakan dengan rumah sekitarnya adalah rumah ini berpagar dan bercat putih dengan banyak tanaman merambat yang unik dan ada space untuk tempat parkir di depannya, dan yang sedikit membantu adalah kehadiran seorang security yang standby di depan rumah seakan memang dipersiapkan untuk mereka yang akan melipir buka kaca mobil dan bertanya 'siang pak, Rumah Kerinci yang perpustakaan anak itu di sebelah mana ya?' :)

Begitu masuk ke ruangan kita akan dihadapkan dengan meja registrasi dan dipersilahkan untuk mengisi data diri kemudian membayar sebesar Rp 20.000/orang untuk 2 jam. Selesai dari meja registrasi kita akan dipersilahkan masuk ke dalam ruangan perpustakaan dan reaksi pertama saya adalah 'WOWW lucuuu bangett tempatnya!!' Suasana yang sangat homey, interior yang didominasi warna putih dengan dekorasi dan properti yang pastinya memanjakan mata dan bikin anak-anak betah berjam-jam disini.

Rak-rak dan buku berderet rapi hampir di setiap sudut ruangan, AC yang sejuk (ini penting karena sudah pasti jangan sampai anak-anak kegerahan nanti bisa cranky berat), juga pencahayaan yang menurut saya sempurna banget buat pepotoan.

interior dan aneka properti yang super unyu bikin anak-anak betah berjam-jam

Rumah ini terdiri dari dua lantai, dimana lantai bawah adalah yang difungsikan sebagai perpustakaan, dilengkapi juga dengan 2 toilet dan 1 ruangan kelas, sedangkan di lantai 2 adalah ruangan kelas. Ya, ternyata Rumah Kerinci Reading is Fun yang memiliki konsep 'Nurture Your Childs Ability and Love of Reading' ini pada awalnya didirikan sebagai tempat sarana edukasi anak-anak untuk belajar membaca. Sesuai dengan konsep awal tempat ini hadir untuk memupuk minat baca anak dan kecintaan anak untuk membaca secara optimal. Jadi disini juga menyediakan kelas membaca dan book club untuk anak-anak.

Ada 4 kategori kelas dan book club yang ditawarkan, antara lain:
- Your Baby Can Read - Playgroup (6-18  bulan)
- Your Baby Can Read - Nursery (18 bulan - 3 tahun)
- Your Child Can Read (3-5 tahun)
- Reading Rocket Book Club (4-6 tahun dan 7-9 tahun)

Mereka juga membuka trial class di setiap hari Sabtu, tetapi harus by appoinment terlebih dahulu. Untuk lebih lengkap mengenai program kelas membaca ini mungkin bisa langsung contact ke Reading is Fun karena kemarin saya hanya fokus mengajak Rania untuk menikmati buku-buku di Librarynya :)


Yang menarik lagi dari tempat ini adalah, diujung ruangan terdapat sebuah corner membaca yang ditata apik dengan rumput sintetis dan bean bag sehingga sangat nyaman sekali untuk duduk dibawah sambil 'gegoleran' mendampingi anak-anak membaca buku. Dan di corner ini juga disediakan berbagai aneka kostum karakter kartun, Princess dan Super Hero yang bisa dipakai sepuasnya secara GRATIS!!

sibuk memilah-milih kostum :)

Kebayang kan? anak-anak bisa membaca buku diatas rerumputan yang seolah-olah sedang berada di taman belakang istana kerajaan sambil membaca buku-buku favorit mereka, atau bisa digunakan untuk story telling dan pretend to play, SO FUN! Kostum yang disediakan pun beraneka ragam mulai dari kostum Cinderella, Sofia the First, Ariel the Mermaid, Mulan, kostum-kostum binatang, keponakan saya yang umur 4thn saja sampai 5x ganti kostum!

Berhubung Rania masih keciikk dan kostum yang disediakan rata-rata untuk anak usia sekolah, jadilah Rania cuma 2x ganti kostum yang tersedia seukuran dia, yaitu kostum Tradisional Korea 'Hanbok' dan kostum Queen Bee. Ohiya perlu dicatat kostum-kostumnya bersih dan wangi lohh.. sepertinya memang dimaintain dengan baik perawatannya.


 para 'incess' beraksi dengan aneka kostum super GMZ!!

Untuk buku-buku yang disediakan pun sangat beragam dan bervariasi mulai dari Board Book untuk usia baby, Noisy Sound Book yang cocok banget buat anak seumuran Rania, Toys Book yang ada semacam mini action figure di dalamnya, buku-buku dongeng Disney princess, sampai buku-buku pengetahuan untuk anak usia sekolah. Bahkan saya menemukan satu rak buku khusus berlabel 'Religion Book' yang mana berisi buku-buku rohani dari berbagai agama, yang saya sempat ambil satu buku adalah buku kisah teladan Rasulullah SAW. Tetapi memang sebagian besar buku-buku disini adalah buku impor berbahasa Inggris.



Bisa dilihat pada foto-foto saya diatas, seakan tidak ada habisnya spot untuk berfoto karena setiap sudut tempat ini sangat menggemaskan sekali interiornya, kalo kata anak jaman sekarang mah 'Instagramable bangett iniih tempatnyaaa! Ditambah lagi waktu itu saya berkunjung di hari biasa jadi tidak terlalu ramai hanya ada beberapa anak yang sedang menunggu dijemput setelah selesai mengikuti kelas. Itupun tidak lama setelah anak-anak itu pulang hanya ada saya, Rania, keponakan dan ipar saya, jadi nyaman banget anak-anak puas pindah tempat kesana kemari,serasa dirumah sendiri! (ngareepp) hhhahhaha,,,,,

Wait,, tidak hanya di bagian dalam saja dari Reading is Fun Rumah Kerinci yang sangat homey dan bikin betah anak-anak, bahkan pada saat kita sudah mau pulang pun Rania dan Mbak Jingga masing 'nyangkut' di teras depan karena WOW (lagi) di bagian teras paving blocknya ada bagian yang dicat warna-warni untuk bermain 'engklek' Duhh jadi inget jaman kecil dulu hoby banget sama permainan yang satu ini, serasa nostalgia :)
Dan ternyata di ujung terasnya ada sebuah cafe kecil dengan interior yang cantik juga, tapi sayang sekali saya tidak sempat mampir untuk icip-icip di cafe terebut.

teras depan yang juga sangat homey

Kunjungan pertama saya ke tempat ini sangat berkesan, sungguh jatuh cinta sama tempat ini dan
Rania pun happy seharian main disana. 

our Happy face, we will back again soon! :)

Untuk para orang tua yang mau berkunjung kesana, berikut sedikit informasi mengenai lokasinya:

Reading is Fun Rumah Kerinci
Jl. Kerinci III no.9 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(masuk dari jalan persis di sebrang Klinik Mata Mayestik, rumah bercat & pagar putih di sebelah kiri) 
Tlp: 021-7221584
WA: 081382489166 

You Might Also Like

4 komentar

Like us

Your Comments